CARA MENCUCI AGAR PAKAIAN SELALU AWET DAN WARNANYA TAK PUDAR

Pencucian yang kurang tepat bisa membuat baju kesayangan kamu memudar warnanya. Biasanya baju, terutama kaus berwarna hitam, navy, atau yang berpalet gelap lebih cepat terlihat pudar sehingga membuat penampilan berbusana terlihat kurang menarik.

Cara mencuci yang benar bisa mencegah warna baju cepat pudar. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut delapan cara mencuci baju di mesin cuci agar warna baju kamu tahan lama :

1. Selalu Lihat Instruksi
Label atau tag yang menempel pada baju bukan hanya pajangan semata. Tapi juga terdapat instruksi pencucian. Sebaiknya kamu mengikuti instruksi bagaimana mencuci yang benar sesuai bahan baju, agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Cuci dengan Air Dingin atau Suhu Ruangan
Mencuci dengan air dingin akan membantu warna baju kamu lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Air hangat atau panas bisa merusak serat kain sehingga warna baju jadi pudar.

3. Pisahkan Cucian
Sortir pakaian sebelum dicuci berdasarkan warna. Cuci pakaian berwarna gelap bersama yang gelap juga, sementara warna terang dengan terang. Selain mencegah baju berwarna gelap dan solid melunturi pakaian warna terang, langkah mencuci yang benar ini juga membuat warna baju tahan lama.

4. Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci
Kalau baju kamu tidak terlalu kotor, maka cara mencuci yang benar adalah jangan menggunakan kecepatan putaran maksimal di mesin cuci. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya lebih cepat pudar.

5. Lewati Pengeringan Jika Tak Terlalu Perlu
Sebisa mungkin hindari mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Proses memeras air pada tabung pengeringan di mesin cuci akan membuat permukaan bahan jadi kasar, yang akibatnya warna baju terlihat pudar, padahal sebenarnya tidak. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari akan lebih bersahabat bagi kain.

6. Jangan Terlalu Sering Dicuci
Makin sering dicuci, warna baju akan semakin cepat pudar. Jika kamu memakai salah satu baju hanya beberapa jam, jangan langsung menaruhnya di ranjang pakaian kotor untuk dicuci. Baju yang tidak terkena noda, kotoran atau keringat berlebihan masih aman dipakai kembali tanpa dicuci terlebih dahulu. Cukup gantung pakaian dan angin-anginkan, atau dijemur sebentar.

7. Balik Baju Saat Dicuci
Membalik baju sehingga bagian dalamnya jadi di luar adalah cara mencuci yang benar untuk mencegah warnanya pudar. Bagian kain yang selalu berada di luar saat dicuci, biasanya akan lebih cepat memudar. Maka dari itu jika hanya bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat ketika dipakai.

8. Tambahkan Pelembut dan Pewangi
Cara mencuci baju yang benar agar tidak cepat pudar adalah menambahkan pelembut kain sebelum dicuci. Cairan pelembut akan melumasi serat kain sehingga tak cepat rusak dan memudar. 

Selain itu dapat juga membuat pakaian menjadi wangi. Saya sendiri tak pernah lupa menggunakan pewangi ketika mencuci. Pewangi andalan saya adalah royale by soklin, pewangi  https://www.royalebysoklin.com/pewangi-pakaian-dan-hijab/ merupakan pewangi dengan aroma yang khas seperti parfum mewah. Saya sangat suka aroma segar dari royale by soklin, selaian itu wanginya jug asangat tahan lama menempel pada pakaian. Dilansir pada website https://www.royalebysoklin.com/ memiliki beberapa varian yang memberikan kesegaran pada pakaian. 

CARA MENCUCI AGAR PAKAIAN SELALU AWET DAN WARNANYA TAK PUDAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin